March 4, 2015

Kirana "Cewek Namanya Cowok Orangnya"



Kenalin, nama saya Kirana. Saya adalah putra keempat dari lima bersaudara, meskipun sebenarnya saya adalah anak terakhir yang dilahirkan oleh ibu saya. Mungkin agak membingungkan karena anak keempat dari keluarga kami sebenarnya seorang putri atau perempuan, bukan seorang putra atau laki-laki. Jadi sebenarnya saya adalah putra keempat atau lebih tepatnya, cowok terakhir yang dilahirkan oleh ibu saya.

Bingung??.. Udahh lanjut baca aja ya..!

Saya lahir di Kota Jombang Jawa Timur pada bulan November tahun 1995 tepatnya pada hari Jum'at Legi pas ketika Bedug Masjid tanda sholat jum'at berbunyi. "Dur-Dur-Dur" => "Oek-oek" begitulah sedikit preview karangan saya ketika saya lahir. 

Orang-orang banyak yang bertanya-tanya mengenai nama saya. Kenapa? Kenapa? Kenapa?. Jelas aja, saya terlahir dengan menyandang predikat sebagai seorang lelaki Tulen, Udah lelaki, Tulen lagi :D . Tapi saya di karuniakan sebuah nama yang memiliki makna: 
  1. Bersinar
  2. Baik Hati
  3. Kalem
  4. Lembut
  5. Cantik
  6. Anggun
  7. Sinar Cantik dan moleh
Bagaimana? Hebat bukan maknanya? Namun, mengapa orang bertanya-tanya? Sebagian besar orang mengasumsikan bahwa Kirana adalah nama yang biasanya digunakan untuk anak perempuan, terutama jika berhubungan dengan Legenda Dewi Candra Kirana (Keong Mas) dalam cerita rakyat. Jelas-jelas si Keong Mas diperankan oleh seorang wanita cantik dan anggun yang bernama KIRANA. Karena saya seorang laki-laki dengan nama yang memiliki arti seperti itu, pasti akan membuat orang lain terkejut. Mungkin makna nomor satu sampai empat masih dapat dimaklumi, tetapi melihat makna tiga poin terakhir pasti membuat orang heran. :D

Namun dari pengalaman saya sejak masih dibangku ngaji (belum sekolah), saya sudah terbiasa dengan respon orang kayak gini "Kok kirana?" "Loh Yakin?". Bahkan pada saat-saat tertentu akan banyak orang yang langsung menoleh dan mendilengi (b.jawa) kearah saya setelah mendengar nama saya, misalnya ketika saya menjadi peserta didik baru, pada waktu baru masuk SD, MOS SMP, MOS SMK, dan OSPEK di Kampus, selebihnya masih banyak waktu-waktu tertentu yang nggak mungkin cukup kalau saya tulis di posting ini.


Dari waktu ke waktu saya semakin tidak memperdulikan dengan respon orang-orang atas nama terbaik yang diberikan ibu saya ini. Banyak yang menyebut saya dengan nama Kirana saja, tapi banyak juga yang menyebut dengan nama Candra Kirana.  Yah mungkin terbawa kisah Dewi Candra Kirana tadi kali ya.. :D


Sampai suatu ketika saya diberi masukan oleh salah satu guru saya di SMK, beliau sebelumnya bertanya banyak mengenai nama saya, kebanyakan dari kata yagn beliau ucapkan adalah "Kok Bisa?". Pak Guru saya ini akhirnya memberikan masukan bahwa tidak apa-apa nama tetap Kirana, tapi di media sosial tulis aja Candra Kirana, biar gak terkesan seperti Cewek total namanya. Toh di media sosial gak diharamkan kan setiap penggunakan gonta ganti nama. :D

Setelah saya fikir-fikir ternyata berner juga usulan beliau, dari pada saya kasih nama "Kirana yangCLalLuCAYAngCELaMANya" atau "KiranaPoLepelLopeTogetheL" .. Whiiikkk o.O #alay :D . Lebih enak kedengarannya kalo di tambah aja sama Candra, pengalaman juga sih ketika menggunakan nama facebook "Kirana" dalam seminggu rata-rata saya bisa dapet add dari lelaki gak jelas lebih dari 10 orang. Coba cek FB saya sekarang ada berapa banyak Follower. -_- . Tak hanya facebook, semua akun media sosial sayapun saya ganti menjadi Candra Kirana, termasuk blog baru saya ini.

Kembali ke Kirana, setelah saya baca artikel di blog tetangga sebelah ternyata nama kirana memang punya banyak arti/makna.



Nama
Kelamin  
Asal Bahasa
Arti nama

Kirana
Perempuan
Indonesia
Cahaya
Kirana
Perempuan
Indonesia
Keluarga
Kirana
Perempuan
Jawa
sinar cantik yang moleh
Kirana
Perempuan
Indonesia
Pekerjaan yang sempurna
Kirana
Laki-laki
Indonesia
Cahaya cantik yang terang
Kiran
Laki-laki
Hindi
Hebat, Istimewa, Cahaya (Bentuk lain dari Kirana)

Kebanyakan dari nama kirana diatas adalah digunakan untuk menyebut seorang yang berjenis kelamin perempuan. Tapi ada satu nama Kirana yang digunakan untuk laki-laki, diambil dari bahasa Indonesia yang berarti Cahaya cantik yang terang. Saya tekankan sekali lagi "CAHAYA cantik yang terang", cahaya loh ya bukan muka. :D . Kemudian ada satu lagi bentuk lain dari kata Kirana yakni Kiran, memang akhir-akhir ini di kampus banyak mbak-mbak dan temen-temen kampus yang manggil saya dengan sebutan Kiran, khususya temen-temen cewek, nah setelah saya baca Kiran berasal dari bahasa Hindi yang bermakna seperti di dalam tabel diatas.

Sewaktu saya kecil Ibu saya sering bercerita bahwa ibu terinspirasi dengan Prabu Condro Kirono, nggak tau deh siapa itu, mungkin alih-alih dari Dewi Candra Kirana ya?, namun saya yakin ibu punya maksud sendiri memberikan saya sebuah nama yang super ini. Dilihat dari artinya saya selalu berharap agar saya senantiasa mendapat bimbingan sang Khaliq untuk menjadi pribadi seindah nama saya, Cantik Hatinya, Cantik Sikapnya, Cantik sopan santunnya, Cantik Isterinya :D , Terang Wajahnya, Terang Rejekinya, Terang Ibadahya, dan Terang jalannya menuju Surga.. aaminn :)


Oke saya rasa jemari saya sudah semakin tumpul gara-gara ngetik diatas mesin tik versi moderen ini (Laptop). Kalo anda masih bertanya-tanya kenapa nama saya kirana padahal saya lelaki saya akan jawab dengan satu ekspresi. "Senyum" heheh


Salam..

Advertisement

2 comments

haha , manteb juga pak :D

hehehe..
ayo nulis wi :D


EmoticonEmoticon