March 12, 2016

Microsoft Azure Layanan Cloud Berteknologi Tinggi dari Microsoft

Setelah saya mempelajari banyak materi terkait layanan Cloud dari Microsoft pada artikel ini saya akan menyimpulkan beberapa hal terkait kehandalan Microsoft Azure.

Namun sebelumnya saya akan sedikit menjelaskan mengenai apa itu Microsoft Azure dan bagaimana cara kerja dari Microsoft Azure itu sendiri.

Layanan Cloud
Jika sebelumnya kalian pernah menggunakan aplikasi Dropbox, Google Drive, atau media penyimpanan lain secara Online, itu adalah bentuk sederhana dari sebuah layanan Cloud. Jadi layanan "Cloud" ini maksudnya "sebuah wadah untuk kita meletakkan file-file baik itu itu yang sifatnya pribadi maupun file apapun secara online". Lantas apa tujuannya? Pastinya dengan kita menggunakan layanan Cloud ini kita tidak akan terbatas tempat dan device untuk mengakses file-file yang ada didalamnya. Jadi ketika saya membutuhkan file lamaran kerja saya diatas saya tidak perlu susah-susah pulang kerumah, menyalakan komputer kemudian menyalin file tersebut kedalam flashdisk. Yaps, cukup terkoneksi dengan internet baik itu pakai laptop atau smartphone, dimanapun tempatnya saya bisa mengakses file saya secara cepat dan pasti efisien waktu dan tenaga. Bagaimana apakah sudah faham?

Oke saya perdalam lagi bahasan terkait Cloud ini. Diatas adalah gambaran dasar dari Cloud, dan ternyata lebih dari itu layanan Cloud ini bisa berperan sebagai komputer kita dalam bentuk Virtual, yang artinya kita bisa mengakses apapun didalam cloud ini, baik itu aplikasi, file, dll. Sistem kerjanya sama seperti ketika kita menggunakan komputer pribadi, bedanya Cloud tersebut diakses menggunakan internet dalam hal ini berbasis Web.

Bedanya apa dengan Hosting?
Hosting bisa dikatakan adalah bentuk tradisional dari Cloud, ketika kita menggunakan Hosting maka kita akan terbatas pada platform dalam segi aksesnya, ditambah lagi dalam hal penyimpanan pada Hosting kita harus mengetahui kebutuhan space/resource kita berapa besar? baru ketika sudah kita ketahui kebutuhannya katakanlah 2GB, maka kita akan memesan space sebesar 2GB dan akan membayar biaya space 2GB tersebut. Ternyata setelah kita menggunakannya resource yang kita asumsi 2GB tersebut hanya terpakai 500MB misalnya, mau tidak mau karena kita terlanjur memesan 2GB maka kita harus bayar sesuai harga 2GB tersebut kepada pihak penyedia layanan hostingnya.

Berbeda dengan ketika menggunakan layanan Cloud, kita hanya akan dikenakan biaya sesuai kapasitas yang kita gunakan saja, misal anda minggu pertama butuh resource 2GB jadi anda harus bayar sesuai harga 2GB tersebut, ternyata diminggu kedua anda hanya butuh 100MB, maka anda hanya akan dikenakan biaya sesuai harga space 100MB tersebut, dan itu pastinya berlaku pada layanan Microsoft Azure yang akan saya jelaskan dibawah ini.

Microsoft Azure
Oke kita lanjut kebahasan berikutnya, jika pada penjelasan diatas sudah kita fahami tentang apa itu Layanan Cloud atau bisa disebut Cloud Computing, sekarang coba saya ulas mengenai Colud dari Microsoft yaitu Microsoft Azure.

Microsoft Azure adalah sebuah layanan cloud server yang memungkinkan pengguna untuk membangun, mengembangkan serta menjalankan aplikasi dengan berbagai platform baik itu Web, Mobile, dan lain sebagainya, yang jelas layanan ini berdiri diatas data center atau server Microsoft. 

Di dalam Azure ini kita bisa melakukan berbagai hal diantaranya :

Membangun Aplikasi Berbasis Website
Sistem kerjanya sama seperti hosting pada umumnya hanya saja di segi storage Azure lebih fleksibel. Berbagai jenis Web bisa kita bangun disini, baik itu yang menggunakan CMS seperti Wordpress atau yang berbasis Freamwork atau yang Native.

Membangun Aplikasi Berbasis Mobile
Selain berbasis web kita juga bisa gunakan untuk develop aplikasi berbasis Smartphone/Mobile, baik itu Game atau aplikasi yang lain.

Selain dua layanan diatas Microsoft Azure juga menyediakan layanan lain yang super keren, hehe diantaranya Data Storage, iOT(internet Of Things), Networking, Media CDN, dan masih banyak yang lain. lihat gambar yang saya tandai merah dibawah.

Dari deretan service yang ada digambar diatas tentunya memiliki tugas masing-masing, misalnya pada Compute digunakan untuk mendeploy Virtual Machine berbasis Windows atau Linux yang terletak di data center milik Microsoft.


Dengan beberapa layanan seperti tertera di atas, kita tidak perlu khawatir dengan kualitas dari layanan Microsoft Azure ini, karena banyak perusahaan-perusahaan besar yang nyatanya juga menggunakan layanan dari Azure.

Gambar-gambar diatas adalah hasil Screen-shot dari akun Microsoft Azure milik saya, yang saya dapatkan gratis dari program Microsoft Student Partner, anda bisa mengunjungi langsung situs layanan Azure di azure.microsoft.com.

Saya rasa penjelasan diatas sudah terlalu panjang lebar, saya berharap anda yang membaca dapat memahami dan bisa bermanfaat. Untuk artikel berikutnya kita akan coba salah satu fitur yang bisa kita dapatkan di layanan Cloud Microsoft Azure. Tetap semangat dan Stay Tune yah.. :D

Advertisement


EmoticonEmoticon