March 14, 2016

Pengalaman Menggunakan Layanan Cloud Microsoft Azure



Waah ketemu lagi nih temen-temen, masih semangat aaaja nih belajarnya, hehe. ya iyalah biar jago.. :D

Okelah, ini saya bahas lagi ya terkait proses Self Learning yang saya jalani dari tahap Recruitment Microsoft Student Partner (MSP). Nggak terasa udah kurang seminggu lagi batas akhir Submit tugasnya, emm submit saya pengen update 1 artikel lagi nih terkait pengalaman saya selama beberapa waktu ini menggunakan layanan Microsoft Azure.

Setelah saya mendapatkan layanan free dari hasil lolos seleksi tahap 1 MSP, saya di hari pertama dapet DreamSpark Code yang bisa digunakan untuk layanan gratis Azure, saya langsung tuh cepet-cepet daftar, hehe, lihat tutorial sedikit terus langsung klik-klik dan klik, akhirnya berhasil masuk di Dashboard perdana akun Azure milik saya sendiri, heeeheehe,.. Maklum saya yang orangnya serba penasaran emang suka ngambil jalan cepat (sesuai aturan, hehe). 


Setelah mantengin video dari Leader MSP Indonesia, sayapun langsung tuh otak-atik isi azure, al-hasil beberapa projek sudah saya upload kesana, coba lihat Dashboard saya :


Fokus yang bertanda merah ya, hehe. itu hasil coba-coba semua tuh :D , Ada Web yang make Tema, ada Form sederhana pake Bootstrap, ada yang pake wordpress juga, terus bikin MySql database, jadi maklum ada yang sukses ada yang hancur. hehe

Oke sekarang kita fokus ke pokok materi, dimana dari beberapa projek yang sudah saya buat tersebut saya mengambil banyak kesimpulan terkait layanan Microsoft Azure ini. Sebelumnya saya sering menggunakan layanan Hosting biasa ketika saya hendak mempublis web. Banyak kendala yang saya hadapi dan keseluruhan hampir didominasi karena layanan dan performa. Saya sering menemui masalah pada konfigurasi, Space besar namun Load nya lambat, lebih-lebih ketika web yang saya upload terasa berat padahal itu tidak lebih dari 100MB. web bisa anda buka disinikiran.azurewebsites.net

Barulah ketika saya mendengar terkait Azure ketika saya daftar MSP ini, saya berasa mendapat cahaya nan terang. haduh lebai,. Nah disini yang saya coba yaitu melakukan tes apakah benar-benar Azure ini Fleksibel, saya mencoba mengupload sebuah desain web yang dulunya pernah saya publis menggunakan hosting, dan saya pun tak menduga hasilnya memang benar cepat. Sempat tak percaya saya kira ini hanya karena Cache Browser, saya pun menghapus semua data Browsing saya dan cache nya, coba saya buka kembali memang benar-benar butuh waktu singkat untuk prose load website yang saya upload.

Baru-baru ini saya mempelajari 4 Hal mengenai Kualitas arsitektur yang begitu super dari Microsoft Azure ini. Saya mempelajari dari bapak-bapak pakar dari Microsoft yang ada di video ini: https://channel9.msdn.com/Series/Microsoft-Azure-Fundamentals/02

Microsoft Azure menggunakan 4 sistem pelayanan yang berkualitas yaitu
  1. Microsoft Azure adalah "Availability", yang artinya Microsoft Azure dapat dibuka, dijalankan atau diakses melaui apapun, kapanpun, dan dimanapun. Hal itu menandakan bahwa Microsoft azure tidak terbatas pada Device, Waktu dan Tempat!
  2. Microsoft Azure adalah "Realiability", artinya Azure ini tidak membatasi permintaan yang ada (anything request), dimana Azure dapat mengolah data apapun dengan ukuran sebesar apapun.
  3. Microsoft Azure adalah "Maintainability", maksudnya sebesar apapun akses yang akan kita pakai, sebesar apapun resource yang akan kita butuhkan Azure ini tidak akan Down, karena sangat mudah dalam hal pengolahan atau perawatan.
  4. Yang terakhir, Microsoft Azure adalah "Redudancy", yang artinya Microsoft Azure mampu melakukan backup data dalam rangka meminimalisir kerusakan atau pemborosan data yang ada.
Nah dari 4 arsitektur Azure tersebut saya merasa terkagum-kagum tuh dengan teknologi Cloud khususnya pada Azure, meskipun banyak yang mengatakan harganya terkesan mahal tapi saya rasa itu sebanding dengan kualitas, dan hasil yang didapatkan.
berhubung saya masih newbe tentang dunia Cloud, kedepan dan secepatnya saya akan mempelajari tahap demi tahap mengenai teknologi super keren ini, karena mungkin sudah kebutuhan juga ya. Jadi saya berfkir ulang nih yang awalnya pake Hosting biasa, terus pengen hijrah ke VPS, eh sekarang ketemu Microsoft Azure, hehe mungkin kita jodoh Azure,. wkwk.. oke yang jelas Keep Learning. :D

Semoga Bermanfaat ya :D

Advertisement


EmoticonEmoticon