February 11, 2024

5 Produk Pilihan Terlaris untuk Bisnis Online atau Offline: Temukan Strategi Jualan yang Menguntungkan!

Memilih ide produk untuk jualan memang tidak mudah, kita harus benar-benar cermat serta melakukan banyak uji pasar terkait produk yang akan kita jual demi menghindari kerugian dimasa mendatang.

Tak sedikit dari para pelaku usaha lantas melakukan research and development (R&D) dalam waktu yang lama demi tercipta atau menemukan produk yang paling sesuai yang akan mereka jual. Bahkan ketika produk itupun sudah ditentukan tetap diperlukan peninjauan ulang apakah produk benar-benar sudah sesuai atau belum.

Bagi anda yang ingin membuka usaha dan masih ditahap mencari referensi produk, 5 produk pilihan terlaris ini paling cocok anda coba sebagai bahan jualan bahkan dalam jangka waktu yang panjang sekalipun.

Produk yang Laku Dijual Dalam Jangka Waktu Panjang

Pilihan produk berikut berdasarkan jumlah peminat serta pengguna yang tinggi di pasar, tidak hanya itu, produk-produk berikut merupakan jenis produk yang selalu dibutuhkan serta digunakan dalam jangka waktu yang panjang, dalam artian produk ini selalu dibutuhkan masyarakat dari waktu ke waktu.

Kita mulai dari produk yang paling laku dijual.

1. Jualan Daster

Daster sudah menjadi pakaian wajib bagi para wanita, jangankan ibu-ibu, anak-anak pun juga banyak yang mengenakan jenis pakaian yang satu ini. Tingkat kenyamanan ketika mengenakan daster tentu mengalahkan berbagai jenis pakaian lain.

Daster sudah umum dijual dipasaran secara offline, namun siapa sangka bahwa anda bisa meraup ratusan juta rupiah apabila anda menjual produk ini secara online dengan membangun jaringan reseller.

2. Jualan Krim Kecantikan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa hal yang diutamakan oleh setiap wanita adalah tampil lebih cantik. Tak heran banyak dari para wanita yang bahkan rela mengeluarkan modal jutaan rupiah demi mempercantik wajah atau badannya.

Beberapa krim kecantikan seperti pemutih kulit, pelembut kulit, krim penghilang jerawat, adalah beberapa contoh produk kecantikan yang selalu menjadi buruan hangat bagi para wanita, atau bahkan pria.

Menentukan brand krim yang paling aman dan legal adalah satu hal yang wajib anda perhatikan ketika ingin menjual produk jenis ini.

3. Jualan Peralatan Dapur

Memasak merupakan salah satu kebutuhan manusia sehari-hari. Semakin kesini varisasi masakanpun semakin beragam, banyak bermunculan resep-resep baru serta inovasi-inovasi hidangan baru. Jangankan direstoran, dirumah sendiripun banyak ibu-ibu yang ingin menghidangkan masakan terbaiknya untuk keluarga tercinta.

Dari hal tersebut tentu peralatan dapur menjadi peran utama dalam proses masak-memasak. Jika anda menentukan jenis produk ini untuk berjualan, selain memilih wajan, panci, atau sejenisnya, anda juga bisa memilih barang yang sifatnya lebih  bersifat konsumtif untuk anda jual, seperti contoh spons pembersih kerak wajan atau panci, sarung tangan anti panas, celemek, kain lap, dan lain-lain.

4. Jualan Hampers Bayi

Potensi bisnis jualan hampers tentu sangat menjanjikan mengingat pertumbuhan tingkat kelahiran disekitar kita yang semakin hari semakin tinggi. Hampers bayi menjadi primadona bagi para ibu-ibu atau para wanita yang ingin memberikan kado pada temannya yang baru memiliki momongan.

Dengan modal belanja perlengkapan bayi seperti sabun, baju, bedak, dan lain-lain, kemudian kita rangkai menjadi satu parcel dengan ukuran tertentu, kita dapat menawarkan ke pembeli dengan harga yang bahkan terkesan lebih murah ketimbang pembeli harus belanja perlengkapan tersebut secara terpisah.

Untuk hampers bayi kita dapat menjual dengan sistem by request, dimana perlengkapan yang ada di dalam parcel nantinya disesuaikan dengan permintaan calon pembeli, tentu jika by request kita bisa mematok dengan harga yang lebih tinggi.

5. Jualan Aneka Sabun

Penggunaan bahan sabun sudah menjadi hal yang wajib bagi keseharian kita, sabun menjadi satu barang yang sangat efektif untuk membersihkan berbagai noda bahkan kuman, baik itu noda atau kotoran di tangan, pakaian, lantai atau benda apapun yang ada disekitar kita.

Berjualan aneka sabun menjadi satu pilihan yang bisa dipertimbangkan karena kebutuhan atau permintaan dimasyarakat memang sudah ada dan sangat tinggi.

Kita dapat memulai dengan berjualan produk sabun untuk rumahan seperti sabun cuci piring, sabun cuci baju, dan sabun cuci lantai. Dari sana dapat kita kembangkan untuk berjualan sabun cuci motor, pewangi laundry, dan lain-lain.

Tips Berjualan Agar Produk Laku Keras

Dari kelima jenis produk di atas, untuk mendapatkan banjir order perlu didukung dengan beberapa strategi tertentu. Strategi ini sangat umum dan mudah diterapkan namun tak banyak dari para pelaku usaha (penjual) yang dengan tlaten menjalankan tips ini.

1. Manfaatkan Sosial Media dengan Maksimal

Meski basis jualan kita adalah offline, namun kita tetap perlu go online demi menggaet pelanggan yang lebih luas. Untuk go online kita hanya perlu memanfaatkan beberapa sosial media yang sedang in saat ini seperti TikTok, Facebook Marketplace, dan WhatsApp.

Dengan membuat video pendek di tiktok terkait produk kita kemudian menerapkan hashtag (#) pada caption postingan tiktok tersebut akan sangat berpotensi mendatangkan calon pembeli produk kita, tentu video tersebut perlu disusun secara apik agar penonton menjadi tertarik. 

Video yang sama dapat kita unggah juga di Facebook Marketplace, karena platform ini masih dapat diperhitungkan dan sangat berperan dalam memberikan konversi pembelian ke produk yang kita jual.

Whatsapp sebagai platform utama untuk berinteraksi secara intens dengan calon pembeli, yang mana dengan whatsapp kita bisa menyimpan nomor pembeli tersebut dan meminta mereka untuk menyimpan balik nomor kita, sehingga setiap saat kita bisa melakukan update story untuk melakukan penawaran berlanjut pada para pelanggan kita.

2. Bangun Jaringan Reseller

Dengan memanfaatkan sosial media, pada akhirnya kita dapat melakukan penjaringan kepada para pelanggan untuk dijadikan reseller. Tentu dengan sistem reseller ini kita akan sangat dimungkinkan untuk mendapatkan hasil penjualan berkali-lipat.

3. Terapkan Harga Diskon

Sebagai penjual jangan lupa selalu memberikan hal yang disukai oleh pelanggan kita, yaitu dengan menerapkan sistem diskon. Sebisa mungkin dalam menerapkan sistem ini kita hitung secara matang untuk menekan harga produk hingga dibatas paling bawah, sehingga kita dapat memberikan diskon yang maksimal kepada para pelanggan. Namun kita juga harus memastikan bahwa produk yang sudah didiskon harus ditargetkan laku dalam jumlah tertentu dan dalam waktu yang sudah ditentukan sebelumnya (berjangka).

Poin tambahan: Jangan lupa jika jualan sudah laris selalu lakukan pembukuan bisnis anda, agar semua transaksi dapat terekam dengan baik. Rajin-rajin menerapkan teknik pencatatan buku besar dan buku kecil untuk kas usaha anda.

Artikel 5 produk pilihan terlaris di atas semoga membantu anda dalam menentukan produk yang benar-benar berpotensi mendatangkan untung bagi bisnis anda. Yang terpenting dalam memilih produk adalah pastikan produk tersebut benar-benar sesuai dengan diri anda terlebih dahulu, atau mungkin sebelumnya anda sudah ada pengalaman dalam menggunakan produk tersebut sebelumnya, sehingga anda lebih menguasai produk tersebut ketika memulai berjualan.

Advertisement


EmoticonEmoticon