March 13, 2016

Dapatkan Sertifikat Keamanan di Dunia Berbasis Cloud dari Microsoft!

Halo kawan-kawan kembali lagi nih di blog saya, tetep semangat ya cari-cari infonya, info apapun yang penting positif udaaah langsung sikat saaja.. hehehe.

Oke pada artikel sebelumnya sudah saya jelaskan ya fenomena terindah dalam hidup saya ketika diterima menjadi calon Microsoft Student, yaa meski masih calon tapi tetep bangga laah dan terus berjuang.. hehe . oh ya artikel yang kemarin bisa dibaca di sini nih  Open Recruitment Microsoft Student Partner.


Pada coretan saya kali ini saya mau memberikan info ke teman-teman semua sekaligus berbagi pengalaman dari proses seleksi yang saya ikuti sebagai calon MSP kemarin, salah satunya yaitu belajar mengenai teknologi Microsoft di MVA (Microsoft Virtual Academi). 


Ditahap MVA saya diharuskan menyaksikan beberapa video tentang  Keamanan di Dunia Berbasis Cloud. Ada 8 video yang harus saya saksikan dan fahami yang mana dari masing-masing video apa bila videonya sudah selesai saya diharuskan mengerjakan tes untuk mengukur seberapa jauh pemahaman saya terkait materi dalam video.


Yang menarik dari step ini adalah ketika kita berhasil menyelesaikan kursus secara 100%, maka kita akan mendapatkan sertifikat digital sesuai materi yang sudah kita selesaikan, disini karena saya berhasil pada materi Keamanan di Dunia Berbasis Cloud, jadi sertifikatnya isinya sesuai dengan materi tersebut. Ini preview sertifikatnya :



Eh kalian juga bisa ikut kursus di MVA loh, jadi nanti bisa dapetin sertifikat Digital juga, untuk langkah-langkahnya silahkan disimak bagian dibawah ini.
  • Klik link berikut untuk masuk ke bagian kursus Keamanan di Dunia Berbasis Cloud
  • Klik Sign in di bagian pojok kanan atas, dan login dengan akun Microsoft milik kalian.

  • Apabila belum memiliki akun Microsoft silahkan daftar di outlook.live.com
  • Kembali ke halaman kursus seperti pada gambar dibawah ini. Pastikan kalian sudah masuk sesuai akun kalian masing-masing.

  • Silahkan saksikan tiap bagian dari video yang sudah tersedia, ingat mulailah dari video yang paling atas.
  • Apabila kurang faham dengan bahasa Inggris kalian bisa menggunakan fitur translator yang ada di bagian video bar. translator akan keluar otomatis.

  • Fahami materi yang disampaikan, dan INGAT! video harus dilihat sampai selesai!. Sebenernya nggak juga sih, kalian bisa mempercepat videonya, namun dikhawatirkan kalian kurang memahami materi yang disampaikan. So tetep harus Stay Tune!
  • Jika video sudah hampir selesai maka pada list video akan bertanda centang hijau, dan dibagian atas ada perhitungan dalam bentuk prosentase, berapa persen tahap yang sudah anda lalui.
  • Kerjakan soal tes nya dengan klik Penilaian: Pendahuluan dan Gambaran UmumKerjakan dengan teliti dan pastikan jawaban kalian benar sebelum lanjut ke langkah berikutnya. Note: Apabila kalian gagal di beberapa soal dan belum Complete, silahkan klik tombol Try Again, ulang terus sampai kalian berhasil. Kebetulan pada preview gambar di atas saya sudah menyelesaikan Course ini 100%, jadi terdapat tanda centang berwarna hijau dibagian list videonya.
  • Ulangi langka diatas pada video-video selanjutnya.
  • Dan jika semua video dan semua Tes sudah kalian kerjakan, dibagian bawah ada link Sumber materi, klik satu persatu untuk menyelesaikan kursus ini.
  • Jika semua langkah di atas sudah selesai, pastikan kalian sudah mencapai prosentase 100% dibagian atas.

Oke semua langkah kursus sekaligus tes sudah kita selesaikan, sekarang tinggal kita download hasil yang sudah kita dapat dalam bentuk sertifikat, selain sertifikat juga ada transkrip tes yang sudah kita selesaikan, Caranya :
  • Klik Menu Dashboard di pojok kanan atas
  • Kalian akan masuk kehalaman seperti gambar dibawah ini, klik bagian Courses completed, dan download sertifikatnya (klik icon di dalam kotak hijau yang sudah saya tandai), lihat gambar:

Oke teman-teman langkah demi langkah sudah kita selesaikan, dan akhirnya bisa dapat Sertifikat dari Microsoft yaa..

Yang terpenting dari tutor dan tes diatas adalah seberapa faham kita pada materi yang telah disampaikan terkait Scurity pada teknologi Cloud. Didalamnya banyak disampaikan terkait para penjahat dalam hal ini Hacker yang sering mencoba untuk mengobrak-abrik atau bertindak tidak negatif pada layanan Cloud, Hal tersebut bagi mereka merupakan sebuah peluang emas untuk mendapatkan keuntungan bagi diri mereka/kelompok mereka, mereka bisa memanfaatkan dan merekayasa data pada Cloud, yang tentunya merugikan para user.

Namun dalam video tersebut disampaikan bahwa Microsoft siap menghadapi itu semua, karena Microsoft akan selalu melakukan update sesering mungkin untuk meningkatkan Sistem Scurity pada Layanan Cloud miliknya yaitu Microsoft Azure.

Baik semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan tetap berjuang untuk menambah informasi serta ilmu baru, karena dengan Ilmu maka hilanglah masa depan semu. Sampai ketemu di artikel berikutnya ya..

Advertisement

6 comments

berarti memang bisa di translate ya videonya mas???

bisa kok mas, kalau nggk bisa mungkin versi browsernya usang mas, kalo di crhome pasti lancar

Kemudian bisa kan menjawab pertanyaannya secara bertahap???

spertinya bisa mas, asal login pake akun yg sebelumnya udah di pakai, dan melanjutkan.

ok mas. makasih banyak ya...

sama-sama sukses selalu ya mas


EmoticonEmoticon