March 11, 2016

Open Recruitment Microsoft Student Partner

Beberapa hari yang lalu saya membaca artikel di Internet terkait Microsoft membuka pendaftaran "Microsoft Student Partner". Saya yang selama ini sangat fanatik dengan aplikasi dan hal-hal berbau Windows seketika langsung mengikuti pendaftaran tersebut, dengan mengisikan data diri dan beberapa pertanyaan terkait alasan saya mendaftar. 

Dari beberapa sumber yang saya dapat terkait keuntungan menjadi Microsoft Student Partner adalah : 
  1. Mendapatkan fasilitas gratis dari Microsoft untuk menggunakan fitur-fitur Microsoft yang berbayar, misalnya Microsoft Azure, Office 365, dan lain-lain.
  2. Mendapat kesempatan untuk mengikuti pelatihan-pelatihan super keren dari Organisasi Microsoft yang ada di Indonesia.
  3. Mendapat Merchandise dari Microsoft.
  4. Menjadi tutor serta aktifis Microsoft di masing-masing kampus.
  5. Yang jelas pengalaman terkait leadership dan Apps Development pasti akan meningkat. 
  6. Kesempatan untuk mendapatkan karir yang bagus.
  7. Masih banyak hal-hal yang keren lain yang tidak bisa kita dapetin di lain tempat, hehe
Dengan keuntungan-keuntungan super seru diatas saya pun semakin bersemangat untuk bisa lolos sebagai Microsoft Student Partnerkarena hal yang paling memotivasi saya adalah bisa mengajak teman-teman di kampus untuk hijrah ke teknologi yang lebih update, agar kampus saya tercinta bisa bersaing dengan kampus-kampus keren lain. hehe
Dan singkat cerita setelah saya mendaftar dan menunggu beberapa hari akhirnya saya mendapat email dari MSDN Team Indonesia.








Untuk sementara bisa dikatakan saya diterima sebagai calon Microsoft Student Partner, 
atau biasa disebut MSP.Eiittssss, tapi itu masih tahap awal, sampai sejauh ini saya masih
melewati tahap Submission Filtering saja, dan dengan saya mengupdate artikel ini artinya 
saya sudah masuk ke tahap ke 2, yang mana  saya harus belajar mengenai 
teknlogi-teknologi dari Microsoft.

Ditahap ke-2 ini saya di wajibkan untuk mempelajari tentang Pengenalan Azure App Service Web Apps, yaitu sebuah layanan Cloud dari Microsoft yang memungkinkan kita untuk membangun dan mengembangkan aplikasi kita diatas service Cloud Microsoft yaitu Microsoft Azure. Untuk lebih jelasnya megenai apa itu Microsoft Azure bisa dibaca melalui artikel berikut : Pengalaman Pertama Menggunakan Layanan Microsoft Azure.

Untuk materi berikutnya yang harus saya pelajari adalah tentang Keamanan di Dunia Berbasis Cloud. Di tahap ini saya harus menyaksikan Video percakapan antara dua pakar dari Microsoft yang menjelaskan panjang lebar terkait Keamanan di Dunia Berbasis Cloud. Materi kedua ini agak ribet karena bapak-bapak yang ada di dalam percakapan tersebut menggunakan Bahasa Inggris, hehe maklum saya masih ababil alias labil dalam berbahasa Inggris, tapi semua terbantu karena ada fitur translator di dalam videonya. Setelah selesai menyaksikan Videonya saya diharuskan untuk mengerjakan tes secara online untuk menguji pemahaman saya terkait materi di dalam video, dan jika lolos maka akan mendapatkan selembar sertifikat digital yang berisi bukti bahwa saya telah lolos tes. Yah alhamdulillah saya lolos tes tersebut, dan  ini sertifikatnya :D 

Tapi sayang sekali, saya mendapat sedikit problem disini, ketika pada saat pendaftaran akun DreamSpark for Student disitu mewajibkan peserta untuk mengisikan nama Depan dan Belakang, padahal nama asli saya cuma "Kirana" entah itu depan atau belakang saya juga bingung, xixi. akhirnya tanpa sadar saya memasukkan Candra Kirana, yang mana itu adalah nick name saya (saya biasa pakai di sosmed) bisa dibilang Candra Kirana itu adalah nama saya versi digital hehe. baca : Kirana "Cewek Namanya Cowok Orangnya" .
Saya baru menyadari bahwa itu berpengaruh di nama sertifikat yang saya dapat diatas. Setelah saya tanya-tanya di forum kebanyakan tanggapannya itu tidak masalah, saya sedikit lega meskipun sangat menyayangkan. 

Oke kita tinggalkan masalah diatas dan lanjut ke bahasan materi berikutnya. Untuk Sertifikat diatas kalian juga bisa dapetin loh, caranya akan saya posting di artikel berikutnya. 

Materi ke 3 yang harus saya pelajari adalah tentang Microsoft Azure Fundamental. Pada materi tersebut saya lebih mendalam mempelajari tentang bagaimana fungsi Microsoft Azure, mulai dari istilah redundancy, availability, maintainability , dan selebihnya tentang definisi mengenai Cloud Computing.

Dan akhirnya semua tahap sudah saya jalankan dan dengan saya update artikel ini, itu menandakan bahwa saya sudah masuk ke tahap ke 2 dari 4 tahap Recruitment Microsoft Student Partner. Dari cuplikan materi diatas segera akan saya posting detail dari masing-masing materi yang sudah saya fahami. Tetap setia baca-baca di blog ini ya. Semoga bermanfaat.. :)

Advertisement


EmoticonEmoticon