March 12, 2016

Upload Web Sederhana pada Cloud Microsoft Azure

Pada artikel kali ini saya akan berbagi terkait cara penggunaan layanan Cloud Microsoft Azure, yang mana artikel berikut akan berisi langkah demi langkah Cara Upload Web Sederhana pada Cloud Microsoft Azure.

Seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya  Microsoft Azure Layanan Cloud Berteknologi Tinggi dari Microsoft, bahwa  sistem kerja dari Cloud ini adalah sama dengan Hosting pada umumnya, namun Cloud ini lebih handal, fleksibe, dan tentunya lebih berkualitas tinggi dari pada Hosting biasa.

Langsung ke bahasan pokok, Saya sudah mencoba membuat web dan saya upload di Cloud Microsoft Azure, dimana saya menggunakan aplikasi FTP Client untuk cara uploadnya, lebih jelas terkait langkah-langkahnya silahkan simak paparan dibawah.
  • Masuk ke halaman portal.azure.com 


Gambar diatas adalah tampilan awal dari dashboard Azure, yang mana didalamnya anda bisa menggunakan berbagai layanan Cloud dari Microsoft, seperti membangun Mobile Game, Web, iOT, dan lain-lain sebagaimana sudah saya jelaskan diartikel sbelumnya.

Dibagian kiri adalah tab menu yang bisa pakai untuk menggunakan layanan pada Azure, misalnya membangun Mobile Apps, Web Apps, dan lain-lain. Sedangkan dibagian tengah adalah dashboard dari Aplikasi yang sudah kita bangun, di dalamnya juga terdapat informasi lokasi Data Center/Server (Gambar Peta). Lanjut ke langkah berikutnya:
  • Klik pada Tab New => Web + Mobile => Web App

  • Silahkan isikan detail web yang kalian buat seperti gambar dibawah:
  1. Saya mengggunakan App name "kirana" yang nantinya akan menjadi kirana.azurewebsites.net sebagai alamat web.
  2. Bagian Subscription saya gunakan "Dreamspark" karena saya mendaftar menggunakan akun DreamSpark.
  3. Untuk Resource Group silahkan klik New kemudian isikan dengan "Default" pada text box.
  4. Yang terakhir bagian App Service plan/Location silahkan buat baru dengan lokasi Southeast Asia, dan nama southeastasia, Lihat Gambar:
  • Setelah sudah selesai melakukan setting projek dan anda tekan Create pada tanda nomor 5, Azure akan memproses projek yang kita buat, dan jika proses sudah selesai maka otomatis akan muncul tampilan seperti ini:

Diatas adalah gambar dari detail projek yang sudah kita buat, bisa diperhatikan isinya mulai dari FTP Host name, Url web, dll. Disini sudah bisa kita cek hasilnya dengan meng-klik url bagian atas atau ketikkan kirana.azurewebsites.net, preview awal dari web yang kita buat akan menampilkan tampilan default dari Azure yakni didominasi warna biru.

  • Lanjut ke langkah berikutnya, kita setting Deployment Credentialsnya, ini berfungsi untuk setting akun FTP kita yang nantinya kita gunakan untuk mengupload Web. Silahkan klik Setting => Cari dan klik menu Deployment Credentials => masukkan FTP Name dan Password sesuai keinginan kalian masing-masing asalkan tersedia (bertanda centang), jika semua sudah terisi klik Save. Lihat Gambar:


Langkah setting FTP akun pada Deployment Credentials sudah selesai, kemudian kita akan login ke folder dimana nantinya kita meletakkan web yang kita buat.
Note: perhatikan gambar dibawah ini untuk mengetahui username dan hostname.

  • Buka aplikasi FTP milik kalian masukkan Hostname, username dan password FTP yang sudah kita buat dilangkah sebelumnya kemudian klik Quick Connect.

Apabila berhasil maka akan muncul direktori kita yang ada di server Azure seperti terlihat pada gambar dibawah.

  • Buka direktori Site => wwwroot => Hapus file "Hostingstart.html" yang ada didalamnya.


  • Upload web kalian yang ada di direktori laptop kalian masing-masing, saya mengupload pada direktori BELAJARBOOTSTRAP, blok semua file yang akan kalian upload dan klik kanan kemudian UPLOAD.



Tunggu beberapa saat hingga file benar-benar ter-upload secara menyeluruh. 
Jika Proses upload Sukses silahkan buka link website yang suudah kita buat dan lihat hasilnya. Dan berikut gambar hasil web yang saya upload. Sederhana banget ya.. hehe buat belajar :D



Diatas adalah step by step cara upload website ke Microsoft Azure, seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa tidak hanya Web saja yang bisa kita unggah disini, namun berbagai macam file, baik itu platform Mobile pada Android, iOS, Windows Phone atau yang lain sebagainya. Mungkin kedepannya saya mau coba upload game sederhana berbasis web yang sudah pernah saya buat jauh-jauh hari. Gimana penasaran hasilnya? sama saya juga, hehe . semoga artikelnya bermanfaat ya.. 

Advertisement


EmoticonEmoticon